Sabtu, 24 Oktober 2009

Sepenggal Tentang Keimanan

Keimanan itu ternyata harus dijaga. Dia tidak boleh dibiarkan begitu saja, harus ada upayah kita untuk menjaga keimanan itu. karena keimanan itu bisa saja berubah. tergantung bagaimana cara kita memperlakukannya. apabila iman itu kita biarkan tak terurus, tak ada upaya untuk kita merawatnya. maka iman itu akan menjadi gersang...
Apabila iman kita sudah gersang maka sudah tidak ada lagi kenikmatan dalam beragama, hilang sudah kenikmatan kita dalam beribadah, hambar sudah amal yang kita lakukan, dan hilang semua ketakutan kita terhadap dosa. awalnya menganggap enteng dosa, terutama dosa- dosa kecil, lama- lama terbiasa dengan dosa itu..dan akhirnya kita memilih hidup bersama dosa-dosa itu.
Iman itu sifatnya fluktuatif, dia bisa bertambah dengan ketaatan dan dapat merosot tajam dengan kemaksiatan, kelalaian, dan sifat ketidak pedulian kita terhadap dosa. Jadi iman itu tidak hanya sebatas pengakuan lisan saja, dia juga harus diimplementasikan oleh perbuatan kita. Dan iman itu harus dijaga, dirawat, diurus, dan diperhatikan keadaannya. setiap waktu. jangan sampe kita cuek terhadap kondisi keimanan kita, karena iman adalah sesuatu yang berharga bagi diri kita..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar